Senin, Juli 05, 2010

Bahan Nulis Blog


Kesulitan bahan untuk menulis di blog Anda? Buntu ‘ilham’ alias kosong inspirasi untuk update blog Anda? Tidak usah kuatir. Anda bisa nulis dalam waktu 10 menit setiap hari sambil makan siang di warteg (asal warteg-nya pake internet). Tidak usah pake ilham atau mood-mood-an segala. Tulis dg mudah dg cara praktis berikut ini:

1. Kunjungi salah satu blog yg Anda tahu.
2. Baca posting terbaru atau artikel yg Anda anggap menarik.
3. Login ke blog Anda, dan tanggapi tulisan di blog sebelah tsb. Panjang respons terserah Anda, satu atau dua paragraf, atau 10 paragraf tidak masalah. Blog kan milik sendiri.
4. Selesai. Lakukan hal yg sama setiap hari, setiap Anda online.

Oh ya, jangan lupa memuat live-link artikel yg Anda respons untuk menarik perhatian blogger yg ditanggapi. Bagi jamaah blogger wordpress, Anda bisa memanfaatkan fasilitas trackback atau lacak balik waktu memposting. Trackback adalah fasilitas khusus wordpress yang berguna untuk memberi ping atau, istilah saya, “komentar jarak jauh”.

Formula trackback adalah

1. link posting + trackback. Contoh, saya akan mentrackback link http://afatih.wordpress.com/2007/09/06/kamus-online/ maka tinggal nambah kata ‘trackback’ di akhir link menjadi –> http://afatih.wordpress.com/2007/09/06/kamus-online/trackback/

2. Taruh link trackback di atas di kotak trackback/ lacakbalik yg letaknya di bawah kotak posting.

3. Pasang link artikel yang Anda trackback di posting Anda. Contoh, http://afatih.wordpress.com/2007/09/06/kamus-online/

4. Selesai nulis posting, klik ‘tampilkan’ atau ‘publish’. Dalam waktu singkat, link blog Anda akan nongol di halaman komentar blog yang Anda trackback. Tak percaya? Coba saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar