Kamis, Juli 22, 2010

Interaksionisme Simbolik

Interaksionisme Simbolik
oleh: Lisa Nurohmah

 Tindakan Manusia dan Kegiatan Bersama (Joint Action)
 Tindakan Manusia

Manusia Sebagai Makhluk Sosial
Adakah orang yang dapat hidup sendiri? Jika ada orang yang dapat hidup sendiri, dia akan mati dalam kesendiriannya. Manusia tidak dapat tidak pasti membutuhkan orang lain. Seumur hidupnya manusia pasti membutuhkan orang lain. Ketika dilahirkan, manusia sangat bergantung pada ibunya. Dalam hidup sehari-hari, dia berhubungan dengan orang lain. Ketika meninggal pun, dia membutuhkan orang lain untuk menguburkannya. Dilihat dari siklus hidupnya yang selalu berhubungan dengan dan membutuhkan orang lain, manusia dikategorikan sebagai makhluk sosial.
Pada dasarnya manusia adalah makhluk sosial (homo socialis). Sebagai makhluk sosial, manusia melakukan berbagai kegiatan, berinteraksi dengan sesama manusia dan lingkungannya. Hal itu dilakukan untuk mempertahankan hidupnya dan berkembang. Mungkin saja ada orang yang dapat mencari makanannya sendiri, membuat pakaiannya sendiri, bahkan membuat rumahnya sendiri. Namun, bukan berarti dia tidak membutuhkan orang lain. Bayangkanlah apabila kita tidak melakukan kegiatan apa pun dan tidak berinteraksi dengan siapa pun.

Sebagai makhluk sosial, manusia berusaha memenuhi kebutuhannya, termasuk kebutuhan sosialnya. Kehidupan sosial manusia cukup beragam, misalnya kebutuhan untuk berhubungan dengan orang lain, kebutuhan keamanan, kebutuhan pendidikan, kebutuhan kesehatan. Sebagai makhuluk sosial, manusia pun berusaha memenuhi kebutuhan sosialnya. Kebutuhan sosial tersebut antara lain mengadakan kegiatan bersama. Kegiatan bersama ini bertujuan untuk membangun komunikasi timbal balik yang saling menguntungkan. Ingatkah kamu bahwa tanpa komunikasi, tidak akan terjadi interaksi sosial? Salah satu contoh kegiatan bersama ialah gotong royong membersihkan lingkungan.
Dalam kegiatan bergotong royong yang diadakan secara rutin, misalnya satu bulan sekali, warga dapat bertemu dengan warga lainnya, membicarakan keamanan lingkungan, kesempatan kerja bagi anggota warganya yang belum memiliki pekerjaan, dsb. Manusia hidup di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian, manusia harus memerhatikan nilai dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.

ANALISA:

Jadi, Hanya manusialah yang memiliki sistem simbol untuk berkomunikasi, hewan lain seperti binatang dapat berkomunikasi, dan mempunyai sistem bunyi, tetapi sistem itu bukanlah kata-kata. Dengan demikian mereka tidak memiliki bahasa. Manusia telah berbahasa sejak dini dan perkembangan bahasanya inilah yang membedakan manusia dari makhluk lain, sehingga membuat dirinya mampu berpikir.

Bahasa terdiri atas rentetan simbol secara kebetulan yang memiliki arti. Kita bisa menggunakan simbol-simbol ini untuk berkomunikasi sesama manusia, karena manusia sama-sama memiliki perasaan, gagasan, dan keinginan. Kita bisa membicarakan suatu peristiwa yang sudah terjadi atau yang akan terjadi. Ini dimungkinkan karena bahasa memiliki daya simbolik dan memungkikan manusia memiliki daya penalaran (reasoning). Jadi, hakekat bahasa manusia sebagai alat untuk berkomunikasi dan mencirikan dirinya serta membedakannya dari makhluk yang lain.



 Kegiatan Bersama (Joint Action)

Kegiatan bersepeda adalah kegiatan yang menyenangkan. Bersepeda pun tidak serta merta menghambat pekerjaan dan kegiatan harian. Jadi, kenapa tidak kembali bersepeda? Semangat ini menjadi awal gelaran pemetaan jalur, titik, dan kegiatan bersepeda di seantero Kota Yogyakarta dan sekitarnya. Tak hanya yang berbau sepeda, hal-hal yang menyangkut kegiatan berlalulintas non-motor dan transportasi publik juga menjadi target yang dipetakan. Tak lupa pula menyoroti hal-hal negatif yang menjadi tantangan kegiatan bersepeda di kawasan perkotaan.

ANALISA:
Jadi, Di mana organisasi itu bekerja sama, dan dengan jenis kerja sama ini maka isyarat individual akan menjadi stimulasi bagi dirinya sendiri dengan bentuk yang sama sebagaimana bentuk stimulus yang lain sehingga dengan demikian perbincangan isyarat dapat menghilangkan karakter individual, dan kondisi semacam itu diduga dalam pengembangan kedirian (self).
Join action (aksi kebersamaan) terdiri dari keterkaitan dari interaksi-interaksi yang lebih kecil. Masyarakat, atau kehidupan kelompok adalah gabungan suatu tingkah laku kooperatif sebagai bagian dari anggota masyarakat. Kerjasama antar umat manusia membutuhkan adanya saling pengertian terhadap maksud dan tujuan dari masing-masing pihak. Karenanya kerjasama merupakan proses membaca aksi dan tujuan orang lain, serta menanggapinya dengan cara yang cepat. Kerjasama semacam ini merupakan hal pokok komunikasi interpersonal. Manusia menggunakan symbol-simbol dalam komunikasi mereka, simbol-simbol harus memiliki arti yang dapat di bagi di antara masyarakat agar keberadaanya dapat di akui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar