Jumat, Juli 23, 2010

Menjelaskan Etnografi Komunikasi
Etnogafi komunikasi

oleh : Rizal Apendi

Etnografi itu adalah pelukisan secara lengkap tentang suatu suku bangsa, lingkungan hidup warganya, serta kebudayaannya. Sementara komunikasi adalah hubungan yang dibangun oleh antar manusia yang berkomunikasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing
Adapun etnografi komunikasi dimaksud adalah segala sesuatu yang terkait dengan aktifitas komunikasi yaitu bahasa yang dipakai dalam berkomunikasi, materi yang dikomunikasukan (transaksi komunikasi), orang yang berkomunikasi, ikatan hak dan kewajiban orang yang berkomunikasi, alat berkomunikasi, tempat berkomunikasi, hasil komunikasi,kepuasan bahtin antara orang yang berkomunikasi.
Bahasa, Komunikasi dan Organisasi Sosial
Bahasa adalah pembentukan simbol-simbol segala sesuatu yang material dan non material, sementara komunikasi adalah langka-langka yang dibangun untuk menyampaikan suatu maksud dengan menggunakan bahasa, sementara organisasi sosial adalah kelembagaan-kelembagaan yang dibentuk berbagai kelompok masyarakat dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan serta program kehidupan bersama mereka ditengah organisasi sosial masyarakat lainnya dimana semua itu diwujudkan dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga keorganisasian mereka melalui penggunaan bahasa yang diabadikan secara ingatan atau tulisan. Kemudian komunikasi dijadikan sarana menyampaikan visi,misi, tujuan dan program mereka kepada sesame anggota.
Bahasa
Bahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti. Bahasa memiliki berbagai definisi. Definisi bahasa adalah sebagai berikut:
1. suatu sistem untuk mewakili benda, tindakan, gagasan dan keadaan.
2. suatu peralatan yang digunakan untuk menyampaikan konsep riil mereka ke dalam pikiran orang lain
3. suatu kesatuan sistem makna
4. suatu kode yang yang digunakan oleh pakar linguistik untuk membedakan antara bentuk dan makna.
5. suatu ucapan yang menepati tata bahasa yang telah ditetapkan (contoh: Perkataan, kalimat, dan lain-lain.)
6. suatu sistem tuturan yang akan dapat dipahami oleh masyarakat linguistik.
Bahasa erat kaitannya dengan kognisi pada manusia, dinyatakan bahwa bahasa adalah fungsi kognisi tertinggi dan tidak dimiliki oleh hewan Ilmu yang mengkaji bahasa ini disebut sebagai linguistik.
Komunikasi

Istilah komunikasi atau dalam bahasa inggris communication berasal dari kata latin communication, dan bersumber dari kata komunis yang berarti sama. Sama disini maksudnya adalah sama makna. Beberapa defenisi komunikasi yang sesuai dengan konsep ini adalah sebagai berikut:



 Bernerd Berelson dan Gary A. Steiner
Komunikasi: transmisi informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya, dengan menggunakan simbol-simbol, kata-kata, gambar figure, grafig dan sebagainya. Tndakan atau proses transmisi itulah yang biasanya disebut komunikasi
 Theodore M. Newcomb
Setiap tindakan komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi, terdiri dari rangsangan yang diskriminatif dan sumber kepada penerima.
 Gerald R. Miller
Komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat yang didasari untuk mempengaruhi perilaku penerima.

Komunikasi Dalam Orgaanisasi

Dalam kenyataan masalah komunikasi senantiasa muncul dalam proses pengorganisasian. Komunikasi mempunyai andil membangun iklim organisasi, yang berdampak kepada membangun budaya organisasi, yaitu nilai dan kepercayaan yang menjadi titik pusat organisasi. Tujuan komunikasi dalam proses organisasi tidak lain dalam rangka membentuk saling pengertian (mutual undestanding). Pendek kata agar terjadi penyetaraan dalam kerangka referensi, maupun dalam pengalaman. Komunikasi organisasi merujuk pada pola dan bentuk komunikasi yang terjadi dalam konteks dan jaringan organisasi komunikasi organisasi melibatkan bentuk-bentuk komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok. Pembahasan komunikasi organisasi antaralain menyangkut struktur dan fungsi organisasi, hubungan antar manusia, komunisasi dan proses pengorganisasian serta budaya organisasi. Komunikasi organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan yang sifat hubungannya saling bergantung satu sama lain.

Organisasi dan komunikasi

Istilah organisasi berasal dari bahasa latin organizare, yang secara harfia yang berarti paduan dari bagian-bagian yang satu sama lainnya saling bergantung. Diantara para ahli adayang menyebut paduan itu sistem, adajuga yang menamakannya sarana. Everet M. Rogers dalam bukunya Communication in Organization, mendefenisikan organisasi sebagai suatu sistem yang mapan dari mereka yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama, melalui jenjang kepangkatan, dan pembagian tugas.

Robert Bonnington dalam buku Modern Business: A Systems Approach, mendefinisikan organisasi sebagai sarana dimana manajemen mengoordinasikan sumber bahan dan sumber daya manusia melalui pola struktur pormal dari tugas-tugas dan wewenang.
Korelasi antara ilmu komunikasi dengan organisasi terletak pada peninjauannya yang terfokus pada manusia-manusia yang terlibat dalam mencapai tujuan organisasi itu.


Bahasa dan Pandangan Dunia

Pandangan dunia (world view) adalah ungkapan mendasar tentang kehidupan oleh suatu masyarakat. Ini dinyatakan dalam ungkapan yang berlaku setempa. Mulai dari suku bangsa, negara hingga organisasi internasional. Pada dimensi lain pandangan dunia dimaksud dunia memandang bahwa bahasa adalah alat fital dalam menyampaikan gagasan-gagasan internasional bagi seluruh penduduk bumi melalui bahasa internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar